Terkenal sebagai produsen kendaraan yang berukuran kecil dan berjenis off-road, perusahaan otomotif pertama asal Jepang ini berdiri dari tahun 1907. Lebih dari 100 tahun pengalamannya di industri otomotif, pembuat mobil asal Jepang menghadirkan berbagai macam kendaraan komersial nya di dunia. Terlebih lagi, peluncuran versi facelift dari Daihatsu GranMax PU, merek yang dipersembahkan untuk dunia dengan tampilan pikap truk terbaru. Menggantikan Daihatsu Zebra, Gran Max pertama kali diluncurkan pada tahun 2007. Dengan desain baru yang dinamis, Gran Max teranyar telah mengalami perubahan yang cukup signifikan, yang menjadikan tampilan mobil semakin cemerlang. Mesin, Jarak Tempuh, & Varian Dalam rangka memenuhi kebutuhan dan utilitas, merek tersebut hadir dalam tiga level trim – Pick up, Blind van, dan Box, yang masing-masing ditawarkan varian bensin 1.3 liter dan 1.5 liter. Dengan mesin 1.3 liter, pikap tersebut mengeluarkan daya maksimum sebesar 88 Ps pada 6000 rpm dan torsi puncak sebesar 114 Nm pada 4400 rpm. Di sisi lain, mesin 1.5 liter menyemburkan tenaga 97 ps pada 6000 rpm, dengan torsi maksimum yang dihasilkan sebesar 133 Nm pada 4400 rpm. Teknologi injeksi yang irit bahan bakar dan VVT-i yang disematkan dalam mesin memungkinkan mobil ini untuk menempuh 13,33 km/L.
Sebagai satu-satu kelas yang dapat
memuat 3 orang dalam waktu bersamaan, interior pikap memiliki ruang yang
cukup untuk membuat penumpang merasa nyaman. Kursi ergonomis dan
parameter tempat duduk yang bisa disetel secara manual untuk mendapatkan
posisi mengemudi yang nyaman. Jarak yang dekat antara roda kemudi dan
tombol gigi memudahkan anda dalam perpindahan gigi. Sandaran tangan yang
dipasang dekat dengan pintu juga menambahkan faktor kenyamanan dari
kendaraan ini. Rak dan pengaturan roda gigi pinion dengan fitur daya
kemudi secara opsional disematkan dalam mobil ini, yang dimana
memudahkan manuver pada tikungan tajam, serta menawarkan kenyamanan
dalam berkendara.
Keselamatan, Pengereman, dan Fasilitas Lainnya Dengan desain baru yang kokoh, pikap
ini menonjolkan karakter aerodinamis dan menawarkan fitur keselamatan
yang cukup handal terhadap tabrakan. Area kargo yang luas dari truk
tersebut memiliki ruang yang cukup untuk menampung muatan yang berat.
Bed liner pada truk menawarkan grip yang cukup untuk barang, yang
mencegahnya dari ketidakstabilan. Selain mampu membawa barang yang
besar, daya yang diserap sasis berkekuatan tinggi cukup handal untuk
menjaga kestabilan dalam berkendara bahkan dalam medan yang kasar.
Memiliki kisaran ukuran 4045mm-4285mm X 1665mm-1675mm X 1850mm-2070mm (P
x L x T), pikap tersebut mempunyai area kargo yang memadai, dengan
dimensi 2350mm X 1585mm X 360mm. Dengan ukuran roda 13 inchi, rol mobil
cukup ampuh untuk mengangkut barang berat ke berbagai tempat. Rem cakram berventiliasi pada bagian
depan dan rem drum pada bagian belakang menawarkan pengereman yang
efisien selama berkendara. Kombinasi McPherson strut pada bagian depan
dan leaf spring pada bagian belakang menjaga kestabilan dan kenyamanan
dalam berkendara bahkan ketika membawa muatan yang berat. Dengan tubuh
yang dinamis, varian ini merupakan mobil yang paling ‘tahan banjir’
dibandingkan dengan kendaraan lain di kelasnya. Struktur pikap tubuh
yang kuat menjaga anda dari cedera yang fatal selama tabrakan.
Kesimpulan
Melihat perspektif desain, pikap ini patut diacungi jempol, dibandingkan
dengan rival di kelasnya. Terlepas dari itu, mobil ini juga memiliki
kapasitas muatan yang memadai dan rasio daya yang memuaskan.Interior & Fitur
Eksterior
Pengereman